UPDATE: ELIN VS BEHEL (PENGALAMAN & HASIL)

| On
Mei 16, 2015
Hey guys! Buat yang ngikutin blog aku pasti tau, kalo aku ada rencana pasang behel karena gigiku yang sedikit berantakan. 

27 Maret 2015:
Jadi tanggal 27 Maret aku udah cetak gigi dan katanya Dokternya, gigi atas aku kelebihan, jadi harus dicabut 1. OMG! Dengernya aja langsung merinding. Terus aku disuruh Rontgen Cephalometric dan Panoramic. Rontgennya dibawa minggu depan sekalian pasang behel bagian bawah. Terus aku disuruh milih mau behel yang kayak gimana, harganya mulai dari 10 juta-30 juta. Bedanya, kalo yang paling murah itu karetnya berwarna, kalo semakin mahal, nggak ada warnanya dan prosesnya lebih cepet.

Aku pribadi karena orangnya suka bosenan, jadi aku pilih yang warna-warni, lagian juga nggak butuh cepet-cepet. Dokternya juga nyaranin yang warna-warni karena aku masih ABG katanya, biar nggak bosen d:

Beliau juga menjelaskan pantangan-pantangan selama penggunaan behel, nggak boleh konsumsi makanan ini dan itu. 

4 April 2015:
So, Tanggal 4 April kemarin aku rontgen dan emang iya, dilihat dari hasil rontgen gigiku secara profile udah bagus, soalnya nggak maju juga nggak mundur.

Hanya saja yang atas kelebihan 1, jumlahnya 17 gigi. Yang kelebihan itu yang di sebelahnya gigi kelinci aku. Karena kelebihan, Jadinya tumbuhnya miring dan sekarang harus dicabut. Aku dijadwalkan untuk bedah mulut minggu depan. Aneh sih, gigi di depan kenapa harus pake bedah mulut. Itu dokternya komersil atau gimana, rencananya aku bakal ke dokter yang lain yang katanya ‘lulusan London’ itu untuk lihat kondisi gigiku yang perlu dicabut. 

Setelah itu, karang gigiku dibersihkan dan di polishing. Kemudian, pasang behel bagian bawah. Aku pilih warna PINK! <3

Pas mau pulang, Dokternya kasih aku Ortho Pouch yang isinya sikat gigi khusus Ortho di rumah dan untuk travelling, Gum dan sikat gigi untuk sela-sela kawat. 

Aku tanya juga ke Dokternya, ‘Berapa lama aku harus pakai Behel ini?’ katanya sih 2 tahun udah cukup.


Setelah pemasangan behel, gigi kerasa ketarik. Beberapa jam kemudian udah mulai ngilu dan nggak bisa makan keras-keras. Alhasil, selama 5 hari berturut-turut aku cuma makan bubur aja. Makan krupuk juga udah sakit banget. 

Kalo sariawan sih enggak, soalnya behelnya nggak menggores pipiku atau bibir, Jadi so far sih masih aman dan nyaman.

Sorry to say ya, buat yang pake behel untuk gaya-gayaan, itu nggak ngotak apa gimana -_- udah bayar mahal, sakit, terus banyak pantangannya. Ya tau sih, kelebihan duit, tapi nggak sepadan sama sakitnya.

Minggu depan nih aku mau cabut gigi! :( Sakit banget deh pasti. Good luck for me then! Bakalan aku update terus postingan ini! Stay tune ya.

24 April 2015


Say HI to my gigi ompong! Tanggal 14 April kemarin aku cabut gigi satu aja. Seneng banget, ternyata cuman dicabut biasa, nggak perlu sampe bedah mulut segala. 

Setelah angkat jahitan dan luka sudah tutup dengan sempurna, Tanggal 24 kemarin aku pasang behel yang atas sekaligus ganti karet yang bawah.

Rasanya sih nggak sesakit yang pas pake behel bawah. Terus gigi bawah aku mulai ada pergerakan, udah ada kayak space gitu dibawah (lihat lingkaran di gambar). Dokternya bilang waktu pasang kawat atas, katanya kawatnya naik turun, karena gigi aku banyak gingsulnya. Hahaha. I will make another post of the proccess, nanti ya, kalo udah ketutup dengan sempurna!

Sometimes I kinda missed my old teeth :’)

UPDATE:
Aku udah lepas behel sejak Juli - 2017, aku juga rajin bleaching gigi supaya warnanya putih natural, dan di tahun 2022 aku mulai menggunakan aligner untuk kembali meratakan gigi aku yang bisa kalian baca postingannya di sini.



37 komentar on "UPDATE: ELIN VS BEHEL (PENGALAMAN & HASIL)"
  1. wah enak km msh cabut satu, aku hrs cabut 4 lho T_____T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay kk, itu cabut 4 yg gigi atas semua kah?

      Hapus
  2. iyaa
    make behel itu sakiitt pake banget
    huhuhu
    gut luck ya Elin
    smoga cepet selesai proses behel nya

    AMOURPIXIE

    BalasHapus
  3. ohhh wow this looks great =)
    www.heykasumi.blogspot.de

    BalasHapus
  4. aku di cabut 2. pake behel 3 tahun dan ini baru aja di lepas behelny ^^
    sedihny giginy jadi kuning gtu skrg, huaaahh
    mau nyari pasta gigi yg bisa mutihin lgi
    Buat nyabutny ga sakit kok, cuma rada serem karena di cabut paksa
    :(

    Smoga cpt slsai yah dan hasilny sesuai :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa cobain CLOSE UP Diamond:
      http://www.elinivana.com/2015/03/memutihkan-gigi-dengan-closeup-diamond.html

      Hapus
  5. aku juga mau pasang lin tapi ngeri proses 'cabut' giginya ituloh T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, apalagi kalo harus bedah mulut segala.

      Hapus
  6. wahh nanti kak elinnya makin cantik nihhh

    BalasHapus
  7. wah mahal banget ya huhu
    gigi bawahku berantakan banget gara2 dulu bandel sering goyangin gigi. tapi sekarang ga punya duit buat benerin :'(

    BalasHapus
  8. Hai Elin! aku baru saja pasang behel dua hari lalu. Aku pasang di Drg. Non spesialis. Setelah terpasang, aku malah baru tau klo pasang behel itu baiknya di spesialis orthodonthist. :((( aku jadi agak khawatir kenapa-kenapa nih, karena dokternya bahkan gak nyuruh aku rontgen. Prosesnya hanya cetak, bersihin karang gigi, pasang (!) Gigiku gak dicabut karena (katanya) sudah ada cukup space. Kalau dengar dari teman2 yang sudah pasang di Ortho, mereka prosesnya laamaaaa.. ada yang rontgen, bersihin karang gigi, cetak, pasang ring, renggangin, baru behel terpasang. Katanya sampai 2 bulan baru terpasang (?)

    Aku jadi khawatir nih,, huhu semoga Drg ku gak sesembarangan yang aku pikirkan yaa.. :(
    Btw Elin, kamu pasang di Drg umum atau Spesialis Ortho?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai! Itu sih udah ngawur banget. Kalo nggak dicabut, biasanya nggak ada pergerakan loh. Aku pasang di specialis ortho.
      Menurut aku, kamu ganti dokter aja. Daripada nantinya kamu nyesel.

      Hapus
  9. Hai Kak Elin, (moga aja jadi) minggu depan saya mau pasang behel di Dokter ahli gigi, dia udah terkenal dari zaman mamaku baru masuk kuliah. Aku pake behel bukan buat gaya kok, aku pake behel karena gigi rahang atas ku maju 1cm >.< jadi mau pake, udah di saranin dari dulu tapi sakit, nah sekarang aku juga lagi mikir2, aku gk mau bukan karena sakit (kaya dulu) tapi karena malu X( soalnya aku doang yang pake behel di skl ku T~T makasih ya infonya ^^
    Oh aku punya blog yg masih butuh rekomendasi, invit ya ^^ http://atthiyya.blogspot.com/ pai ~ pai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahli gigi? Lebih baik yang udah jelas gelarnya Ortho deh. Good luck ya!

      Hapus
  10. Rasanya pake behel sakit banget.. Aku udh 2 bulan pake. Jadi nyesel ngga bs makan macem". Tp apa boleh buat, ada gigi aku yg turun jdi gusinya ikut turun, bikin gusi bengkak sm berdarah. Jadi, hrs di behel deh

    BalasHapus
  11. Hi.. Aku mau nanya dong, pas udh pasang behel masih bisa bersihin karang gigi atau nambal gigi yg bolong gak? Thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, masih bisa kok, aku sendiri rajin bersihin karang gigi dan juga ini mau ditambal karena ukuran gigiku kecil.

      Hapus
  12. Hai Elin! salam kenal..
    kalau boleh tau sekarang perkembangan braces km kyk gmn? apakah cuma cabut 1 gigi?
    aku pasang behel 3 bulan lalu, trs awalnya malah disuruh operasi gigi bungsu geraham, ketika udah pake braces drg nya baru nyaranin cabut 4 gigi.. cabut 4 gigi lagi kan mahal :( aku berharap 1/2 aja,,sebenernya gigiku udah lumayan rapi cuma memang agak maju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai! Karena permasalahan gigiku cuman kelebihan satu dari normalnya, maka aku hanya cabut 1. :D

      Untuk kasus gigi maju, biasanya kelebihan giginya banyak, jadi harus dicabut banyak juga supaya ada “space” untuk memundurkan. Kalo dirasa mundurnya udah seperti apa yang kamu mau, ya nggak perlu cabut lagi. Semua tergantung kamu juga! Good luck! :a

      Hapus
  13. Aku udh psang 2 tahun lbih 1 blan. Smpe skg blm dlepas krn giginy msh renggang. Jd nysel psg behel yg karet warna warni biasa krn lama dan jg suka nyangkut makanan. Blom lg uang kontrol tiap 2 mnggu skali. Jatohny jd mhal. gk tau smpe kpn behel ini dpsg...

    BalasHapus
  14. hai kak Elin. kok pakai angkat jahitan? emang yg di oprasi bagian apa di mulutnya?
    aku lagi browsing nih Kak. tentang behel gigi. aku gk pede sama gigi atas depan ku. gak rapi dan ada yg maju. kemungkinan dari komentar komentar diatas kyknya aku nanti juga bakalan di cabut deh gigi nya :'(
    hfttt. mengumpulkan keberanian nih *padahal blm blg ortu tntg pgn pasang behel*

    BalasHapus
  15. Hai kak Elin ☺️
    Aku baru pasang behel kak baru 11 hari hehe.. Aku pasang di dokter spesialis ortho kak.. Dia kerja di TNI tp dia buka praktek di rumahnya juga.. Aku rekomendasi dari temen.. Tp aku gak pake rongen dulu kak.. Awal mau masang konsul sudah disaranin harus cabut 4 graham kecil karena gigiku yg atas itu emang maju dan gigi kelincinya miring.. Terus yg bawah berantakan kak. Aku sempet mikir deg2an harus cabut 4 gigi.. Awalnya aku pasang behel dulu tanpa cabut.. Baru 3 hari setelahnya cabut 1 graham bawah, Seminggu selanjutnya aku cabut lg graham bawah satunya.. Nah minggu depan rencananya aku cabut yg atas kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal dia bisa buktiin kalo dia bener-bener memiliki sertifikasi spesialis ortho ya gapapa sih. Cuman kalo ga rontgen dulu itu aneh ya. Udah nggak sesuai prosedur.

      Aku harap kamu baik-baik aja di dokter itu :k

      Hapus
  16. Hai kak. . aku mau minta saran nih ,aku pengen pasang behel tp kalo ke dokter 4jutaan .. Nah aku tergiur sama ahli gigi pasang behel permanen 250 gigi atas doang .. Aku tergiur karna testi perubahanya udah banyak di ig .. Tpi aku searching resiko klo pasang di ahli gigi bukan dokter spesialis itu ngeri juga ada yg mlah jdi berantakan ? Mumpung aku blm pasang ,minta saranya nih kak ..kalo aku pasang di ahli gigi itu karna testi nya yg bnyak itu bener gak ya atau mending gausah aja .. Dilema gegana nih

    BalasHapus
  17. masih terpasang behel nya? sama sp ortho siapa kak?

    BalasHapus
  18. waah jd takut tp penasaran, aku lagi mau pasang behel nih, lg disuruh rontgen gigi dulu, terus katanya bakal cabut 4 gigi huhu

    BalasHapus
  19. aku udah pakek behel sekitar 11 bulan tp kasus gigi maju juga tapi baru di cabut skrg haha gimana menurut kk kualitas dokter itu

    BalasHapus
  20. Aku baru pasang sebulan yang lalu! dan semalam dokternya suruh cabut gigi karena ga ada space๐Ÿ˜‚ aku cabut 4 gigi kak, atas bawahh. Gak sakit karena dibius tp ompong jadinya๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ gdluck ya kak buat kita berdua wkwkw

    BalasHapus
  21. Aku juga baru masang behel nih di speasialis Ortho. Bener banget nih, ngilu gilak ๐Ÿ˜ฉ biasanya aku doayan banget makan snack, skarang gak bisa soalnya buat gigit snacknya lama kelamaan jadi ngilu, mungkin karena berasa ketarik banget gigiku.

    Nanya dong, kamu setelah 5 harian gtu udah gak ngilu lagi ? Bete banget gak bisa makan enak ๐Ÿ˜ฃ tapi karna gigiku beratakan banget apaa boleh buat. Mana harus dicabut 4 giginya, duh FIGHTING FOR ME ๐Ÿ˜ญ

    BalasHapus
  22. Aku juga baru mau pasang minggu depan,d spesialis orto, dan mau dicabut 4 gigi, tapi dicabutnya pas udah pasang behel,emg gitu ya? Bukan sebelum pasang behel? Soalnya aku liat blog2 yg lain cabutnya sebelum pakai behel

    BalasHapus

Hello! A warm greetings from Elin ♥
Please wait and write your comment in the box and..

I read every comment I get from you :)

P.S. Click ‘Notify Me’ Button so you will get notification once your comment I have replied.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature