Move On dari Behel, Ini Alasanku Pilih Aligner Rata untuk Meratakan Gigi

| On
Juni 28, 2022

Hi guys! Kalo dibilang manusia itu ga pernah puas, emang bener sih, aku adalah salah satu manusia yang tidak pernah puas HAHAHA :)) Kalian masih ingat nggak kalo dulu aku pakai behel untuk merapikan gigi? Ughh! Itu sakit banget kalo diingat-ingat. Nih, kalian bisa baca postingan behel aku di sini.

Nah, setelah menggunakan behel dianjurkan untuk menggunakan retainer. Waktu itu aku pilih retainer plastik dan aku pakai retainer hanya setahun karena retainer pertama aku pecah dan yang kedua hilang.

Akibat penggunaan retainer yang hanya sebentar, gigi aku mulai maju. Sebenarnya kalo dari depan nggak gitu ada bedanya sih, tapi kalo dari samping keliatan banget kalo gigi aku udah mulai berantakan.


Pengen rapihin gigi lagi biar senyum sempurna dan menambah kepercayaan diri aku, tapi aku gamau kalo harus balik pake behel lagi. Sakit! Sering sariawan dan aku keliatan jelek. Beberapa waktu lalu, aku udah sempat googling aja solusi meratakan gigi tanpa behel, akhirnya aku menemukan website Rata.id dan aku memutuskan untuk menggunakan aligner saja untuk merapikan gigi.

25 Mei 2022, ini waktu aku konsul pertama kali ke klinik Rata di PIK. Pertama kali konsultasi, aku dijelasin prosedur pembuatan aligner dan perjalanan penggunaan aligner nantinya. Ketika aku sudah setuju, gigi aku di scalling dan mulai dicetak giginya. Prosesnya cepat sekali.


Pada 03 Juni 2022, Ranti (CS Rata.id) mengirimkan video simulasi pergerakan gigi yang sudah didesign sesuai konsultasi dengan team dokter gigi Rata dan standar ilmu kedokteran gigi. Disini aku udah cukup puas dengan design 3D nya dan aku mengiyakan proses cetak alignernya.


14 Juni 2022, aku kembali ke klinik Rata untuk melakukan proses slicing, jadi gigi aku perlu dikikis 7 titik agar gigi aku bisa mundur sempurna seperti yang aku lihat pada video 3D. Dalam kasusku, aku mendapatkan 14 set untuk gigi atas dan 8 set untuk gigi bawah. Untuk pemakaian aligner ini aku tidak perlu dipasang attachment karena aligner mampu terpasang sempurna pada gigiku.



Bentuk aligner Rata kayak gini, mirip-mirip dengan retainer kan? Bedanya aligner bisa untuk merapikan gigi sedangkan retainer hanya untuk menjaga posisi dan bentuk gigi setelah behel / aligner.


Nih! Aku kasih lihat set pertama aku bentuk giginya lumayan maju apalagi kalo dari samping jelas banget majunya! Kalo aku rutin menggunakan aligner Rata.id nantinya gigi aku seperti yang "final set" rapi banget kan! Aku jadi gak sabar untuk sampai ke set terakhir.



Senangnya lagi, aku ga perlu kontrol ke dokter setiap bulan kayak waktu pake behel, nyaman banget! Super praktis dan hemat waktu. Aku hanya dianjurkan kontrol ke dokter gigi Rata ketika ada masalah seperti aligner tidak pas, aligner retak, aligner hilang, aligner longgar dsb.

Jadi visit klinik aku selanjutnya ada di minggu terakhir penggunaan aligner yang terakhir.
Disini aku juga udah dapat case aligner yang bisa aku bawa kemana-mana setiap hari untuk menyimpan aligner dan chewies.


Oh iya! Chewies ini digigit-gigit dari kiri ke kanan sebagai olahraga kecil penggunaan aligner. Biasanya aku gigit setiap kali pasang aligner. Rasanya ada sakit sedikit di gigi setiap kali gigit chewies tapi gapapa, ga sesakit pakai behel kok.


Ini adalah pemakaian clear aligner Rata.id di gigi aku, ga keliatan kan? bening dan tidak mengganggu penampilan. Sejauh ini aku suka menggunakan aligner ini dan nyaman di gigi. Rasa ngilu aku hanya ada di hari pertama pergantian set saja.


Untuk penggunaan aligner ini, aku dianjurkan untuk menggunakan selama 22 jam sehari dan menggantinya setiap seminggu sekali. Tapi kalo kurang dari 22 jam, maka aku harus menggunakan aligner-nya lebih lama yaitu dua minggu.

Pantangan menggunakan aligner ini, tidak boleh minum panas, tidak boleh mencuci aligner dengan air panas, minum minuman berwarna harus menggunakan sedotan, cuci aligner bisa menggunakan sabun cuci piring dan tidak boleh menyikat aligner dengan pasta gigi.

Berikut adalah foto sebelum menggunakan aligner dan aku akan update progress-nya setiap bulan ya!


Takut banget kelewatan tanggal ganti aligner! Untungnya, ada aplikasi RATA yang mempermudah hidup aku! Di sini ada journey menggunakan Rata aligner, ada tanggal kita ganti aligner dan kita bisa menyimpan foto setiap progress penggantian aligner.


Sekian dulu review Rata versiku! Nanti aku akan update lagi ke kalian hasilnya!

Kalo mau nanya-nanya atau mau cari informasi lebih lanjut tentang aligner, kamu bisa mengunjungi:

Website: Promo Rata.id
Instagram: @rata.id
Whatsapp: CS RATA.ID

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Hello! A warm greetings from Elin ♥
Please wait and write your comment in the box and..

I read every comment I get from you :)

P.S. Click ‘Notify Me’ Button so you will get notification once your comment I have replied.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature