APA BEDANYA PURGING & BREAKOUT? - BEAUTY BLOGGER

| On
Maret 02, 2016
Hai semuanya! Hari ini aku, Elin Ivana, selaku penulis www.elinivana.com a.k.a Ngobrol Cantik #apaansih akan membedakan bagaimana purging atau breakout! 

Aku akan menuliskan secara singkat (yang penting kalian paham aja ya...)


Aku bukan dokter dan aku juga bukan ahli kecantikan, aku menulis artikel ini berdasarkan pengalaman. 

So ya,

PURGING

Purging adalah masa dimana kulit kita muncul jerawat banyak dan semakin memburuk semakin bertambahnya hari. 

Penyebab terjadinya purging adalah pemakaian produk kecantikan yang bersifat Exfoliate / Detoks seperti AHA, BHA (2 minggu) dan Retinoid (6 minggu). Beberapa kandungan ini bersifat mempercepat pergantian sel kulit sehingga memicu timbulnya jerawat. (Biasanya jerawat akan timbul tenggelam)

Biasanya jerawat terlihat kering, pecah-pecah di daerah sekitarnya dan itu wajar! Purging akan berangsur-angsur membaik dan kalian akan kembali dengan muka mulus sekitar 3 bulan. Kalo tidak membaik, buang produknya dan masuk ke lubang tikus berdoalah! 
__

BREAKOUT

Breakout adalah masa dimana kulit kita muncul dengan jerawat yang besar-besar, ada nanah di dalamnya, merah, gatal dan terjadi secara tiba-tiba

Biasanya kamu akan terbangun dan shock seperti, “KENAPA WAJAHKU SEPERTI INI??!” “OH TIDAAAAAAAKKK!” *bunuhdiri* 

Breakout terjadi karena kulit kamu tidak cocok menggunakan suatu produk, stress dan penyebab nggak jelas lainnya yang nggak bisa aku jelaskan. 

Intinya, kalo kamu tidak menggunakan produk yang memiliki kandungan exfoliate/detoks dan kamu berjerawat banyak, that means your skin is breakout darling! ;)

Baca juga:
19 komentar on "APA BEDANYA PURGING & BREAKOUT? - BEAUTY BLOGGER"
  1. Aku baru pindah sekitar 1bulanan nih lin pake tbs yang teatree. Rangkaiannya aku pake hampir semua. Mukaku yg awalnya mulus skrng ada bruntusan di sekitar apple zone doang. Sblmnya gapernah kyk gitu. Itu masuk nya purging kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya pake Tea Tree ada yang adaptasi. Pakenya juga ga boleh langsung barengan, kudu dicoba satu-satu biar tau mana yang nggak cocok.

      Hapus
    2. Aku juga sama nih pake tea treenya tbs mulai dari facial wash, toner, tea tree oil, krim malam dan pagi, tapi muka malah yg jerawatnya ga parah jadi parah terus merah merah di T zone :') baru mau sebulan pake. Bingung mau nerusin apa gimana :')))))))

      Hapus
  2. Aku juga lepas dri krim dokter mukaku jdi bruntusan didaerah kening apalagii.. Klo buat ngilanginnya cocok pake produk apa yaa kak?

    BalasHapus
  3. Kak aku pakai inspired you snowflake jelly & coolmask udh 1 bulan tapi kok malah jerawatan gitu ya? Kecil2 menyebar kemana2 dan kebanyakan dipinggir2 deket telinga. Sebelumnya ngga pernag gitu. Ga cocok apa gmn ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skincare is about trial and error. You find out! :D

      Hapus
  4. Hai ELin, aku baca blogmu dari yang bioderma, merambat ke breakout, terus ke tulisan ini,,,

    Nanya dong.

    Lama banget ya kalo purging sampe 3 bulan... ini 2 minggu udah ga betah.. aku lagi pake rangkaian Wardah White Secreat Series.. Awalnya enak, kulit jadi lembut dan kenyal meskipun ga nambah putih. hiks.., tapi akhir-akhirnya timbul jerawat yang segede gaban.. gede gt kayak daging habis gitu kempes sendiri tapi timbul lagi di beda tempat dan menyebar. Kalo kayak gitu termasuk purging atau breakout? Udah pake 3 bulan sih dan bulan ke 3 ini ko jadi jerawatan gini... Baiknya berhenti ato tetep dipake ya? Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stop say .kulit mu gk cocok dgn kandungan pencerah d produk tsb

      Hapus
  5. hai ka aku baca" blog dan nemu blog kk ini
    aku mau tanya
    aku baru pakai perawatan tbs teetree di sekitar kening aku tuh jadi pada bruntusan gtu ada jerawat tapi ga gede" banget itu masuknya kemana ya? aku baru pakai sekitar 3mngguan
    ditunggu jawabannya ka makasih

    BalasHapus
  6. aku baru lepas krim dr dokter trs langsung muncul jerawat trs ada bekas jerawat juga di dkt area jerawat , aku harus makai produk apa ya muka aku berminyak , fw yang cocok apa ya

    BalasHapus
  7. Awalnya udh jrwtn merah" gtu trs ak ksih masker lemon . Eh jrwt nya malah mateng" dan bruntusan bnyk . Itu proses purging bukan ya ?

    BalasHapus
  8. ka aku pake nu skin katanya lagi purging tapi ini udah 4bulan mau jalan 5 belum membaik. tapi pengguna nu skin yng lain ada yang membaik dalam waktu 3 bulan. tapi ada juga bersih dalam waktu 8 bulan😂 apa purgin waktunya cuma sebatas 3 bulan? kalo lebih dari 3 bulan dikatakan produknya gak cocok?

    BalasHapus
  9. Kak, sekarang aku mengalami kebingungan antara ini breakout atau purging. jadi kemarin aku jerawatan parah nah selama 4 bulan menggunakan vitacid, dan ternyata cocok. nah ini aku mulai lepas dari vitacid karena kan gak baik kalo lama-lama, kok ini jerawat muncul lagi ya? Mohon bantuannya hehehe

    BalasHapus
  10. Hai kak, mau tanya. Sebelumnya aku pake wardah gentle wash, nah sekarang aku ganti pake wardah acne cleansing gel, trus paginya langsung keluar jerawat gede, gatal, merah juga kak. Sampe beberapa hari pemakaian eh muncul terus jerawatnya, jadi makin banyak.
    Itu bentuk purging atau breakout ya? Lebih baik aku hentikan pemakaian atau lanjut kak? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai bantu jawab yaa.
      jerawat gede, merah, gatal, jerawat makin banyak = breakout. km hrs stop pemakaiannya krn kulit km gak cocok sm kandungan yg ada di cleansing gelnya. skrg gimana? udah nemu produk yg cocok? hehe

      Hapus
  11. Hai kak mau tanya
    Kalau purging karena produk yang mengandung BHA lebih baik dilanjutin pemakaian'nya,di stop dulu/di seling beberapa hari?
    Terimakasih

    BalasHapus
  12. Kak, nanya dong, mohon d jawab ya.. Aku lg nyobain produk wardah yg lightening series.. Skrg udah sebulan, tp jerawatku pd naik.. Jrwatnya ukuran Kecil tp bukan bruntusan jg, mati satu ada lg satu d t4 lain,nyebar.. Ini termasuk purging ap breakout.. Aku lanjut dlu ga ya smpe 3 bulan? Atw gimana.. Mohon jawabannya kak

    BalasHapus
  13. Kak, cara bedain masa purging dan produk gak cocok gmn? Aku lagi pake pixi glow tonic dan skII langsung muncul 5 jerawat huhu

    BalasHapus

Hello! A warm greetings from Elin ♥
Please wait and write your comment in the box and..

I read every comment I get from you :)

P.S. Click ‘Notify Me’ Button so you will get notification once your comment I have replied.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature