Aku VS Jerawat [My Horrific ACNE Story]

| On
Juni 05, 2014
Hello all-the-pretty-girls-around-the-world! Yo! Today I'm gonna share my horrific acne story.

Aku udah bongkar rahasia terbesarku kemarin (alayers-detected!!) HAHA! Semua udah tau pasti, karena aku cerita di mana - mana dan aku dapat banyak pertanyaan mengenai proses pemulihanku.

Seperti yang bisa kalian lihat foto di bawah ini, kulitku sangat mengerikan. ERRR, Ini adalah hal yang sangat-teramat-amat menyeramkan yang pernah terjadi.


Read My Full Story
Jadi dimulai pas bulan November, 2012. Aku harus pindah ke kota lain soalnya aku harus magang gitu. Terus jam tidurku jadi berantatakan. Kadang aku bisa tidur jam 2 pagi dan bangun jam 4 pagi. Aku stress banget rasanya. Biasanya aku anak sekolahan tapi aku harus kerja buat magang selama 6 bulan. Ya karena aku kerja di bagian customer service gitu jadi ya managerku selalu menyuruh aku pakai make up meskipun aku sangat benci pakai makeup yang tebal!

Aku kerja kurang lebih 9 jam. Kebanyakan aku dapat shift malam jadi aku bisa pulang jam 11 malam. Meskipun aku udah sampai di rumah, aku capek banget lah dan aku selalu lupa membersihkan mukaku yang penuh makeup itu. Bahkan kadang aku bisa tidur sambil pake make up. Serius deh ya, kalian nggak bisa punya hidup kayak gini atau nggak kulitmu bisa jadi kayak aku.

Aku nggak punya banyak waktu buat "Me-Time" bahkan buat pakai skincare juga nggak ada. Kulitku juga nggak cocok sama air disana karena airnya mengandung banyak kaporit. Kulitku juga berubah tipe, yang awalnya kering jadi kombinasi dan berminyak.

Disini nih awal yang mengerikan itu terjadi, Aku punya beberapa jerawat di pipiku meskipun aku nggak pernah punya jerawat sebelumnya karena kulitku dari awal kering dan nggak gampang berjerawat. Lalu aku pergi ke klinik kecantikan buat acne facial karena ya aku juga nggak mau sampai ada bekas kemerahan (radang) atau jaringan parut (bopeng). Sayangnya, gara - gara jerawat itu, kulitku jadi ada banyak bekas kemerahan. Tapi aku masih senang karena itu cuman radang jadi aku bisa menghilangkannya seiring waktu kan. 

Ah ya, kulitku juga nggak cocok sama krim dokter di tempat aku perawatan. Karena ternyata klinik tersebut pernah membuat krim dengan kandungan merkuri di dalamnya, nggak tau deh itu klinik udah tobat apa belum. Jadi kulitku makin makin makiiiin parah dan mengerikan waktu itu. Kulitku udah infeksi parah. Banyak jerawat dan radang di kulitku. Itu nggak bisa dihilangkan dalam waktu 2 atau 3 minggu. 

Oh ya, ada 3 tipe dari bekas jerawat: flek, kemerahan dan bopeng. Kamu beruntung kalo kamu hanya dapat flek. Flek ini warnanya hitam tapi kalo udah berubah jadi merah atau pink gitu, bakalan hilang lebih cepet. Berbeda sama punyaku, aku dapat kemerahan yang berarti radang di dalam kulit. Jadi jangan berharap terlalu banyak karena peradangan ini di dalam kulit. Jadi bisa hilang dalam waktu 6-18 bulan atau bahkan 2 tahun. Terakhir, tipe bopeng, sekarang sih masih nggak ada cara buat benar- benar menghilangkan bopeng, tapi aku dengar bisa pakai cara derma-filler. Aku nggak tau itu benar-benar bisa atau nggak.

Nah sekarang aku akan kasih tau produk skincare apa yang paling bisa bekerja dengan baik di kulitku karena aku terlalu banyak review produk yang bisa bagus. Ini dia:

August, 2013 - Feb, 2014

Acne Treatments : Acnol, Sebamed 
Night Cream : Snail White by NAMU Thailand (Stopped on Mid of Feb), HIRUSCAR (Intensive on Mid of Feb)

Feb, 2014 - Recently (You can check on My Skincare Routine)

Cleansing : JF Sulfur Oily Care, Blemish Care
Acne Treatments : Acnol/Sebamed/Benzolac 2,5%
Night Cream : HIRUSCAR

DIMANA BELINYA? PASTIKAN ORIGINAL 100%! http://tokopedia.com/ngobrolcantik atau http://shopee.co.id/ngobrolcantik atau ADD LINE AKU : @ngobrolcantik / @shopngobrolcantik (Pakai ‘@‘ juga ya!)

Aku selalu pakai JF Sulfur buat cuci muka karena itu mengandung Sulfur dan Salicylic Acid yang bisa mencegah kulit dari jerawat. Untuk perawatan jerawat yang udah ada, Aku pakai 3 kali sehari, kadang pakai Sebamed tapi kadang pakai Acnol karena Acnol juga lebih mudah di dapat daripada Sebamed. Intinya aku pakai yang ada aja deh di rumah. Buat krim malam aku pakai Snail White tapi aku udah berhenti pakai Snail White karena kulitku udah nggak berjerawat, jadi aku cuman pakai Hiruscar untuk krim malam dan menghilangkan bekas.

Mungkin kamu nggak bisa percaya kenyataan ini atau kamu masih mikir produk apa yang aku pakai buat menutupi kemerahanku. Karena aku selalu terlihat punya kulit yang mulus bahkan di foto yang aku upload. Camera360? Hahaha Nggak mungkin lah bisa bikin kamu cantik kalo kamu punya radang kayak aku. Masih keliatan kali. Nggak bisa ditutupin meskipun banyak orang yang bilang gitu. Camera360 is too mainstream right now.

Jujur aja ya, aku nggak pakai makeup karena kulitku sangat sensitif sekarang ini jadi aku selalu pakai:

PARASOL SPF 33 (to protect my skin)
Acnes Compact Powder (to cover my blemish)

Meskipun aku harus pakai makeup, aku lebih memilih buat pakai makeup ringan aja. Karena kalian tau kan kalo kulitku juga masih dalam proses penyembuhan waktu itu. Sampai sekarang juga aku nggak yakin kalo kulitku udah benar - benar bebas jerawat, Jadi ini produk makeup yang aku pakai:

BB Cream : The Skin Food - Aloe Vera (Coverage is very light-won't clog your pores)
Concealer : Rice Concealer (Coverage is light to medium)
Powder : Acnes Compact Powder (Coverage is medium) stopped on the end of May. The Skinfood Buckwheat Loose Powder (Didn't cover anything) intensive on June.

Produk yang udah aku sebutin di atas itu yang paling cocok dan bekerja dengan kulit tipe berjerawatku. Karena itu mengandung banyak nutrisi yang mana sangat baik untuk kulit berjerawat kayak aku. 

Btw, Siapa bilang aku nggak punya jerawat sekarang? Aku masih berjerawat tauuu, tapi cuman sebelum waktu PMS (2-3 biji) dan itu nggak meradang bekasnya. Itu hanya flek yang bisa hilang dalam 3 hari dengan perawatan intensif tentunya.

Oh ya, Aku dapat banyak pertanyaan di ask.fm seperti "Apa kamu nggak malu ceritain tentang kenyataannya?" Well, Aku nggak malu guys. Aku malah senang karena kulitku udah jauh lebih baik sekarang dan aku suka berbagi pengalamanku dengan kalian.

Buat kalian yang di luar sana yang masih mengalami dan bertahan kayak "aku-yang-dulu", Jangan khawatir ya. Nggak ada "jerawat-yang-abadi". Meskipun orang - orang bikin kamu sakit hati dengan cara bilang kamu jelek karena kamu punya jerawat banyak, jangan khawatir. Buktikan kalo mereka salah! Roda tetap berputar kan :)

I'm so sorry for this long-story but I hope that my acne story will inspired all of you. Healing is need a long-time guys, be patient. No miracles that happens overnight.

Note: Products that I have mentioned above is really suits and works well on me. Do not buy any products because of my review. It is really depends on your skin types. What is works well on me does not mean it will works well on your skin too. 

"You're the most prettiest, girl."
78 komentar on "Aku VS Jerawat [My Horrific ACNE Story] "
  1. OMGGG~ you did a really great job in recovering your pimples! :o

    cheer, michelle
    http://livedreammagic.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo ka elin,,radang atau bopeng yang kka alami emang bisa mulus seperti semula ka?? cara terbaiknya gimana ka,,plis share pliss..thanks pretty..

      Hapus
  2. OMG mukamu skrg mulus bgt lin <3
    Btw krn baca review JF Sulfur mu dulu aku jg ikutan nyoba pake, udah bbrp bulan (pokoknya repurchase 3 kali) emang bener2 cocok di aku lin, tp entah knp akhir2 ini kok malah tiba2 jd gak cocok, aneh T___T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin :) masih ada jerawat sih kadang 1/2 gitu hehe
      Oh ya? Ganti tipe kulit mungkin Kak :o

      Hapus
  3. Great results! *O*
    Very nice and helpful post dear!

    ❤ ✿ MY BLOG ✿ ❤
    Rinako

    BalasHapus
  4. Waaah Elin good job! Jadi inget jaman dulu waktu masih jerawatan. Aku malah lebih parah dari kamu. Dulu jerawatan karena awal puber terus belum ngerti masalah gini2 (jaman sd ke smp gitu), tapi waktu itu aku rutin cuci muka, terus pake obat jerawatnya sari ayu. Sekitar 6 bulan kali ya, jerawatnya ilang semua, tapi ya ninggalin bekas gitu, gak begitu kentara sih jadi gak masalah. Emang kuncinya lawan jerawat itu kudu rutin, sabar, telaten^^ hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih ya, derita anak puber kak d: Thanks for sharing <3

      Hapus
  5. sudah pernah coba produk bioderma ga?

    BalasHapus
  6. aku skrg lg jerawatan parah h bgt, gara2 facial yg gak hiegenis :'( :'( udh kedokter udh hbis uang byk tapi masih jerawatan. og2 pada komentar ini itu, bikin sedih :( aah semoga usaha aku bisa berhasil kayak kamu yaaah. terimakasih sudah berbagi, kamu bikin aku yakin bakal bisa cantik :) terimakasihhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cc cntik blh knalan gk
      Mnta pin bb dong

      Hapus
    2. Bisa add line aku di: ngobrolcantik

      Hapus
    3. sis aku cari id line nya ga dapett.. ganti id ya?

      Hapus
    4. Hai, LINEnya sekarang @ngobrolcantik, pakai @ :D

      Hapus
  7. Salut bgt sm km yg mau berbagi pengalaman. Aku jg dulu punya jerawat yg parah. Sekarang udah hilang tinggal bekas2nya aja :D Ada saran g, yg bagus bwt menghilangkan bekas jerawat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa cobain JF Sulfur Blemish Care, Snail White atau Hiruscar sih.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  8. aku juga dulu jerwatannya parah kaya kamu gtu. tapi sekarang alhamdulillah udah gak.. tapi mukaku jadi punya pori-pori besar.. nah itu bagaimana ya cara hilangin pori" besarnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai seri Wonder Pore dari Etude House aja atau laser.

      Hapus
    2. Kak, kan tante aq pake sk II. Tapi skarang dia lagi hamil. Boleh ngga kalo sk II di pake sama org hamil??

      Hapus
  9. Bener2 menginspirasi banget, Itu bekas jrawatnya bener2 ilang pol yah dalam jangka waktu stahun? Padahal keliatannya meradang gt yah bekasnya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa bilang, meradang juga kok -_- Makanya hilangnya juga lumayan lama. Berbulan-bulan.

      Hapus
  10. Snail white sama L'herboflore nya beli dmn ya? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli di Taiwan L'HERBOFLOREnya, kalo Snail White di Online aja sih :)

      Hapus
  11. Kak Elin, Sunblock untuk remaja(14 y.o) yang kulitnya berjerawat apa ya kak? yang belinya juga mudah...Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk kulit kombinasi kira-kira bikin kulit berminyak banget ngga kak ??
      Thanks jawabannya :)

      Hapus
    2. Yah, namanya juga sunblock, pasti berminyak :)

      Hapus
  12. Kak snile white sama kiss mask bagusan mana? Kalo di barengi dg sk ii gpo kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo untuk bekas jerawat sih lebih suka Snail White, kalo KISS so so lah. Nggak gitu ngaruh. Dikombinasikan dengan SK II nggak masalah, SK II fleksibel dengan skincare apa aja.

      Hapus
  13. hello kak eliin, salam kenal :) postingan kk bermanfaat banget :)
    oya ka, sekarang aku kan kelas 3 SMA, nah aku punya masalah di wajah. aku jerawatan, jerawat bruntusan juga..terus banyak banget flek hitam bekas jerawat :( ini bikin aku strees, aku ngga pd jadinya. aku pernah waktu itu nyoba krim buat jerawat gitu, alhasil ga cocok. malah semakin menjadi jerawatku :( gimana menurut kk ?/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya cari yang cocok dong. Mengandung Salicylic Acid, Sulfur, Aloe Vera dan lain-lain.

      Hapus
  14. Hai elin.. salam kenal, aku suka banget sama websitemu..
    aku juga lagi punya masalah yg sama kaya kamu dulu..
    kalo boleh tau kamu beli produk2 itu dimana ya? kira2 cocok gak ya utk kulit sensitif?
    makasiiih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Produk yang aku pake cocok untuk kulit sensitif. Tapi kembali lagi ke kulit kita masing-masing ya.

      Hapus
  15. Hai kak :)))
    Muter2 blog kk & nemu post ini (bermula liat2 review makeup buat oily ft acne prone skin)
    Kak aku mau cerita nih & kindly reply ya, udh desperate banget ini :(
    Aku 17yo & mulai hobi breakout sejak masuk kuliah (skg smt 4). Kondisiku full ngelab dr pagi & kelas smp sore, ditambah bagian pipi ketutup jilbab.
    Rute : face wash pk Acnes -> milk cleansing & toner Acnes -> moisturizer Wardah acne treatment (ada spf-nya) -> BBc everyday Wardah -> Marcks face powder (buat touchup abis wudhu gt kak, aku pk Acnes compact powder). Sore malem sm cucimukanya, cuma bedanya pake Acnes cream-oil control & whitening + Garnier sakura white (wajah putih tapu tep bekas, hilang tp lama100x bgt). Dibarengin scrub 3hr1x Wardah acne & masker tea tree 1mgg1x (emg wajah halus tp jerawat tep dateng).
    Nah kan beda ya kak kalo muka kesiksa dr pagi sampe sore gini sama yg engga (muka bebas bernapas). Jerawat aku tu modelnya 1 pipi kanan 1 pipi kiri, 2 di T line (ya gitu pokoknya T-T) bukan bruntusan gitu.
    Dan... BBc-nya Wardah berat ga sih mnrt kk? Begitu liat review BBc PIXY & The Skin Food jd mau beralih arah juga tapi ga tau arah karena ini muka gatau cara ampuh menenangkannya gimana :"""
    Nah baca2 skincare kk pengen nyoba JF juga dll tp ngabisin ini dulu.
    Mnrt kk udh bener blm urutan/rute skincare aku? Kalo utk kondisi kek aku (jelas mempengaruhi bgt kn kak, muka berminyak tambah kurang dijaga gini) ada rekomen aksi ato produk apa gitu? Udh ngurangin makan yg berminyak juga pdhl :((
    Reply, ya kak. U re my hero deh. Bener2 termotivasi lagi kalo udh baca cerita whoever vs acne gini :"))) demi mulus! huhuhu
    Thankyou <3 GBU xoxox

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya kamu kebalik loh. Milk Cleanser dulu baru cuci muka pake Facial Wash.

      Hapus
    2. Oh gitu kah kak? tapi the rest r ok? makasiii banyak <333 xoxo

      Hapus
    3. Nggak juga.
      1. Kamu nggak perlu cuci muka dengan 2 sabun (Acne Cream Oil Control & Whitening dan Garnier Sakura White) Ini maksudnya apa -_-
      2. Scrub 3 hari 1x, nggak kasian sama kulit sendiri? Dua minggu sekali is more than enough. Untuk kulit berjerawat, nggak boleh pake Scrub.
      3. BB Cream Wardah menurut aku terlalu dewasa dan nggak cocok untuk dipake 17 tahun. Mendingan PIXY deh. Tapi aku lebih suka Aloe Vera The Skin Food. Karena kandungan Aloe Veranya nenangin jerawat.
      4. Kalo mau ganti JF Sulfur, nggak masalah kok.

      Hapus
  16. Pake Benzolac 2,5%. Oles Tipis. 3x sehari.

    BalasHapus
  17. aku kulitnya berminyak tapi aku pakai rangkaian tbs yg tea tree sama ada pakai etude juga yg pembersih tea tree juga sama bedak tabur ..
    kira2 gimana yah biar hilang terus aku takut ke dokter setelah baca review2 di blog2 lain aku mau hilangin sendiri aja ..
    skrang aku udah pakai sktar 5 bulan jerawat udah jarang tapi bekasnya hitam2 n merah itu gima a yah

    BalasHapus
  18. halo ce, maaf mau nanya, kan stelah menggunakan Snail White by NAMU Thailand menggunakan L'Herboflore, selain L'Herboflore untuk night creamnya, ada saran lain nda ce yg barangnya bisa di jangkau di indonesia dan harganya lumayan bersahabat? hehe.. makasih banyak ce, semoga cepat dapet balasannya hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya nggak suka produk Indonesia sih, cuman emang nggak ada khasiatnya mereka dikulit aku so aku belum bisa rekomen yang mana.

      Hapus
  19. Hi kak
    Umur aku 14 tahun, aku punya masalah jerawat, jerawat hilang malah ninggalin bekas TT tapi bekasnya gak hilang hilang kakTT bagaimana kak cara hilangin bekasnya?

    BalasHapus
  20. Hai kak aku 15 taun , kliatannya kulitku sama kayak kaka soalnya aku jerawat meradang dan umurku masih segitu kira2 yg cocok apa ? Kulitku sensitif banget

    BalasHapus
  21. Sist, snail white by namu dan kana mask bagus mana ya? Untuk efek pertama saat pemakaian snail white itu apa sist ? Jerawat tambah keluar semua ato mengering dan bikin hitam dikulit nggk? Soalnya jerawat ku sudah mulai mengilang, takutnya pakai snail white by namu tambah keluar semua hehe. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak pernah coba Kana Mask. Untuk efek Snail White bisa dibaca di postingan review aku tentang Snail White.

      Hapus
  22. Hai eliiin. Salam kenal 😀

    Wah keren banget cerita kamu. Menginspirasi! Aku lagi jerawatan ini huhuhu, et causa merkuri udah sekitar 5 bulanan. Dan gak ada perubahan yg berarti, aku rasanya stuck seperti fotomu yg no.2. Bekas gak kunjung hilang, dan masih ada jerawat 1, 2.

    Aku juga jerawat jenisnya kayak kamu, yg radang gitu, jadi kayak ada yg mengendap di bawah kulit. Bayangin, yg biasanya udah sisa flek, bisa tiba2 radang lagi, dan keluarin nanah lagi. Ughhh penderitaan ini kapan berakhir.

    Aku sempat pake jafra, dan itu yg bener2 ngeluarin semua jerawat. Katanya detoks tapi udah 3 bulan gak ada perbaikan. Sekarang aku pake skii combine sama Airin. Masih ada sih jerawat 1 atau 2, tapi udah gak sebanyak dulu. Sisa bekasnya ini, ngilanginnya gimana yah? Ada saran?

    Kalo hiruscar itu untuj bekas jerawat aja yah?
    Kalo kayak aku, yg kayaknya mau ada yg "berbiji di dalam" bisa gak yah?
    Ada lagi gak yg kira2 kamu rekomendasikan buat masalah jerawatku?

    Makasih elin, kalo kamu bisa luangkan waktu buat balas ☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai! Wah sedih banget bacanya, berasa ngeliat “The Old Meeh”.

      Saranku sih buat jerawat yang ngendap di dalam pakei Benzolac 2,5% aja 3x sehari. Ntar dia ga jadi keluar dan hilang gitu aja.

      Terus buat bekasnya paling ampuh emang pake Hiruscar. Kalo jerawatku kering langsung aku oles Hiruscar jadinya nggak berbekas lama.

      Hapus
  23. Hey eliin, aku mau nanya dong. Selama kamu pake BB cream Aloevera nya kamu bersihin muka cukup pake sabun JV Sulfur aja atau bersihin pake cleansing milk/toner juga?

    thank youu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Namanya makeup sih pasti harus dibersihkan dulu karena JF Sulfur nggak bisa buat bersihin makeup secara menyeluruh. Kalo kurang bersih bisa menyumbat dan membentuk komedo bahkan jerawat. :k

      Hapus
  24. Hey Eliin..
    Aku mau tanya, pas kamu pake BB cream Aloe vera nya, kamu bersihin muka cukup cuci pake sabun JF Sulfur aja atau mesti pake cleansing milk/toner juga ga?
    aku juga lg jerawatan+bruntusan, udah pake BB Cream aloe juga, tapi kalo bersihin pake facial wash aja takut masih ketutup pori porinya..
    Tolong jawab yah, thank youu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Namanya makeup sih pasti harus dibersihkan dulu karena JF Sulfur nggak bisa buat bersihin makeup secara menyeluruh. Kalo kurang bersih bisa menyumbat dan membentuk komedo bahkan jerawat. :k

      Hapus
    2. then what do you suggest to cleansing acne prone skin + oily ??
      dulu suka pake clenaisng milk sebelum cuci muka tapi kayanya aku ga cocok :( malah bikin jerawatan :'((

      Hapus
    3. Cleansing Milk buat bersihin makeup. Nggak bisa sendirian. :k

      Hapus
  25. Hi, aku mau nanya dong :D
    Kalo buat ngilangin bekas jerawat yang kemerahan, lebih bagus pake snail white atau Hiruscar ya?
    Thanks <3

    BalasHapus
  26. Kak, klo utk jerawatnya aja kakkak saranin pake apa?
    Btw, thanks infonya. Keren bgt! :) :9

    BalasHapus
  27. mau tanya dong, terus untuk siang harinya pake pelembab apa? atau cuma pake acnol/sebamed terus pake sunscreen? soalnya kasus aku sama kek kasus mu, jerawatan gegara perubahan cuaca dan air, dan juga korban facial.. terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  28. Hai kak, aku baca di post kaka. Kaka pake dua sabun yaitu jf sulfur acne care sama yg blemish. Itu penggunaannya gimana ya? Gantian kah? Atau pas jerawatnya uda sembuh? Thanks youuuu��

    BalasHapus
  29. Hwaa, so glad to found your blog and review!! Agustus ini aku 17, my face look worst bcs this acne and i am so ashamed of it :((( Temen-temen sampai keluarga jadi ngeledekin dan malah rekomendasi obat macem macem. Cobain ini-itu jg ga ada efeknya malah makin jadi. Frustasi banget rasanyaa :c:c

    BalasHapus
  30. Elin.ak punya masalah sama dengan kulitmu dulu.jerawat merah2 di dalam kulit.ak sekarang lagi coba pakai Ponds yang acne fighter sm pelembabnya.menurutmu Ponds bagus gak ya?

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Kak aku 13 tahun,tipe muka aku berminyak dan jerawat gitu..kira - kira bagusnya pake produk apa ya?

    BalasHapus
  33. ka beli snail whitenya dimana ya kalo boleh tau ? aku mau beli takut onlineshopnya ga terpercaya, takut palsu hehe

    BalasHapus
  34. Ka pake hiruscar berapa lama buat bekas yang radang kemerahannya?

    BalasHapus
  35. Kak mau tanya nih .. aku juga pake benzolac tapi kenapa kering banget gitu ya diwajah .. solusinya gimana ya kak .. dan juga dulu sih aku jerawatan sekarang sih iya wkwk dulu aku pake jf sulfur tapi kok malah jerawatan trus waktu itu aku stop sampe sekarang takut pake jf .. ini aku masih jerawatan dan cari cari produk .. kalo boleh minta saran produk apa yg bagus buat jerawat?

    BalasHapus

Hello! A warm greetings from Elin ♥
Please wait and write your comment in the box and..

I read every comment I get from you :)

P.S. Click ‘Notify Me’ Button so you will get notification once your comment I have replied.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature